Karya Ilmiah
Pencarian Karya Ilmiah

Histologi Usus Dan Hati Juvenil Ikan Bandeng (Chanos Chanos) Yang Diberi Pakan Berbahan Tepung Ampas Minyak Biji Kapuk (Ceiba Petandra)

Kasrun Ijal*, Yusnaini, La Ode Baytul Abidin, Agus Kurnia
Tepung ampas minyak biji kapuk (TAMBK) mengandung protein sebesar 27,32% sehingga dapat menjadi bahan pakan ikan, tetapi biji kapuk mengandung gossypol dan asam siklopropenat yang bersifat antinutrisi. Sehingga penggunaan tepung ini untuk mensubstitusi tepung kedelai dapat menurunkan kualitas pakan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak substitusi TK dengan TAMBK dengan dosis yang berbeda terhadap histologi usus dan hati pada juvenil ikan bandeng (Chanos chanos). Empat jenis pakan dibuat berdasarkan subtitusi tepung kedelai (TK) dengan tepung ampas minyak biji kapuk (TAMBK) yang terdiri atas :100% TK ; 0% TAMBK (pakan A), 75% TK : 25% TAMBK (pakan B), 50% TK : 50% TAMBK (pakan C), dan 25% TK : 75% TAMBK (pakan D). Sebanyak 120 ekor juvenil bandeng (rata-rata bobot awal: 0,80±1,89 g) dimasukkan ke dalam 12 akuarium (10 ekor/akuarium). Selama pemeliharaan, pakan diberikan 5% dari bobot tubuh per hari selama 30 hari. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemberian 25-75% TAMBK dalam pakan menyebabkan abnormal pada organ usus yaitu vili usus menebal dan memendek, nekrosis vili serta peningkatan jumlah dan ukuran sel goblet. Jenis kerusakan pada organ hati yang tampak adalah bile stagnation atau stagnasi empedu, blood congestion dan melanomarophages centre. Kelangsungan hidup hewan uji adalah 40-60%. Maka disarankan pemberian TAMBK dibatasi (<25%) karena dapat merusak organ usus dan hati juvenile ikan bandeng. Kata Kunci: tepung ampas minyak biji kapuk, histologi, juvenil bandeng

[ link Agus Kurnia ]

LINK WEBSITE
Klik Disini file lampiran dalam bentuk PDF

FULL PAPER
Download File Lampiran dalam Bentuk PDF
Diterbitkan pada: ISSN 2503-4324 Media Akuatika : Jurnal Ilmiah Jurusan Budidaya Perairan. 2021. 6(3): 126-134.

15 Karya Ilmiah yang dimasukkan terakhir

  1. LAMPIRAN SYARAT TAMBAHAN MEMBIMBING S3 oleh ABDUL KADIR
  2. Working Mothers in Indonesian Public Organizations: Investigating the Effect of Work-Family Conflict on Positive Discipline Parenting Via Well-being oleh Abdul Kadir1, Hillman Wirawan2,3, Rudi Salam4,5, and Novina Sabila Zahra6
  3. MODEL PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DALAM PENINGKATAN SANITASI LINGKUNGAN PEMUKIMAN PROGRAM KOTAKU DI KOTA KENDARI oleh Ramadhan Tosepu
  4. The outbreak of diphtheria in Indonesia oleh Ramadhan Tosepu1,&, Joko Gunawan2, Devi Savitri Effendy1, La Ode Ali Imran Ahmad1, Amrin Farzan3
  5. Stigma and increase of leprosy cases in SouthEast Sulawesi Province, Indonesia oleh Ramadhan Tosepu1, Joko Gunawan2, Devi Savitri Effendy1, Fitri Rachmillah Fadmi3
  6. Spatial Distribution of Economic Growth and Inequality: North Buton’s Experience oleh Yohanis Boni
  7. Social Integration in Multicultural Societies: A Qualitative Study oleh Jamiludin, Alimin Alwi, Ambo Upe
  8. Membimbing dan Menguji S3 oleh Yohanis Boni
  9. Membimbing dan Menguji s3 oleh Idrus Salam
  10. Sustainable Agriculture In Vocational High Schools In Southeast Sulawesi: Practice Learning And Local Wisdom oleh Wa Kuasa Baka1*, Usman Rianse2, Idrus Salam2, Jamaluddin Hos3, La Ode Muh. Munadi4, Fitriani R5
  11. Improving of Coconut Agroindustry Development Based on Key Elements of Actors and Linkage Structure: Existence from Konawe Island, Indonesia oleh Ulyasniati Ulyasniati 1* , La Rianda Baka 2, Tamrin Tamrin 3 Idrus Salam 4
  12. HOW IMPORTANT IS COMMUNICATING WITH NATIVE ENGLISH SPEAKERS TO EFL LEARNERS’ SELF-CONFIDENCE IN THEIR ENGLISH LANGUAGE PROFICIENCY? oleh Alberth
  13. Potensi Teknik Pembelajaran Kooperatif Berbantu Whatsapp untuk Mengurangi Kecemasan Siswa dalam Berbicara Bahasa Inggris oleh Alberth1,
  14. Sense of Classroom Community, Foreign Language Enjoyment, Foreign Language Anxiety, and Self Confidence as Predictors of Willingness to Communicate in English as a Foreign Language oleh Alberth1, Mursalim2, Amirudin Rahim3, M. Yazid Abd. Rachim Gege4, Tambunan5
  15. PENGARUH MODEL PROJECT BASED LEARNING (PjBL) TERHADAP HASIL BELAJAR SBDP MATERI MEMBUAT KARYA KOLASE SISWA KELAS IV SD NEGERI KECAMATAN WOLASI oleh Wayba 1, Alberth2, La Ili3

 

Universitas Halu Oleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2014 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Halu Oleo, Kendari
Indonesia 93231