|
Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
THE EFFECT OF PWIM (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL) ON STUDENTS’ COMPETENCE IN WRITING NARRATIVE TEXT
KISTI SABRINA
Pembimbing:
Dr. Kamaluddin, M.Pd dan Yulius Tandi Sapan, S.S., M.Hum
Abstrak
ABSTRAK PENGARUH DALAM PENGGUNAAN PWIM (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL) DALAM KOMPETENSI SISWA MENULIS TEKS NARATIF KISTI SABRINA (A1M215103) Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh yang siginifikan dari penggunaan strategi Picture Word Inductive Model dalam kemampuan siswa menulis teks naratif. Penelitian ini di desain dengan menggunakan desain pre-experimental yaitu dengan satu grup pre-test dan post test. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh kelas X IPA di SMAN 4 WANGI-WANGI. Sampel dalam penelitian ini adalah kelas X IPA 1 yang terdiri dari 20 siswa. Instrument dari penelitian ini menggunakan test menulis dalam genre naratif dan kriteria penilaian siswa dalam penelitian ini menggunakan 5 aspek dalam menulis, yaitu isi, organisasi, pengguanaan bahasa, kosa kata dan mekanik. Data dalam penelitian ini di peroleh dengan menggunakan dua karangan tes menulis yaitu pre test dan post test. Pre test diberikan sebelum di lakukannya perlakuan yaitu dengan menggunakan strategi PWIM dan post test diberikan setelah dilakukannya perlakuan yaitu dengan menggunakan PWIM. Data dalam penelitian ini di analisis dengan menggunakan SPSS dalam bentuk Paired Sample T-test. Hasil dari analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan dari penggunaan strategi picture word inductive model dalam kemampuan menulis naratif teks siswa. Hal ini dibuktikan dengan hasil analsis dari uji hipotesis dengan menggunakan paired sample t-test. Nilai rata rata pre test adalah 59.77 dan nilai rata rata post test adalah 76.67. Kata kunci; Menulis, Teks Naratif, Picture Word Inductive Model Abstract
ABSTRACT THE EFFECT OF PWIM (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL) ON STUDENTS’ COMPETENCE IN WRITING NARRATIVE TEXT KISTI SABRINA A1M215 103 This research aimed as investigating whether there is significant effect of Picture Word Inductive Model on students’ competence in writing narrative text. The design of this research was Pre-Experimental design one group pre test and post test. The population of this research was all first grade of class IPA of Senior High School 4 Wangi-Wangi. The sample of this research was class IPA 1 which consists of 20 students. The instrument of this research was writing test in narrative genre and the criteria of students’ writing were assessed from five aspects of writing, namely content, organization, language use, vocabulary and mechanics. The data were obtained by using two essay writing tests. They were pre-test and post-test. The pre-test was given before treatment and the post-test was given after treatments in order to know the students’ competence before and after treatment of Picture Word Inductive Model. The data were analyzed by using SPSS in form of Paired Sample T-test. The result of analysis showed that there was a significant effect of Picture Word Inductive Model on students’ competence in writing narrative text. It proved by the result of hypothesis testing using paired sample t-test. The mean score of pre-test was 59.77 and mean score of post-test was 76.67. Moreover, as a result the probability score of .000 (p score) was less than the level of significant (p ≤ 0.50. Therefore, it can be said that using Picture Word Inductive Model gives significant effect to increase students’ competence in writing narrative text at class IPA 1 of Senior High School 4 Wangi-Wangi. Keywords: Writing, Narrative Text, Picture Word Inductive Model Tahun Skripsi: 2019
![]() 15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir
|
Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1 Kampus Hijau Bumi Tridharma Anduonou Kendari, 93132 Telp: 0401-3190105 Fax: 0401-3194108 Email: info@uho.ac.id
|