Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa
Pencarian Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa

EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 KONAWE SELATAN
Alan Setiawan
Pembimbing: muhammad Sudia dan La Ode Ahmad jazuli
Abstrak
  “Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Kemampuan Komunikasi Matematik Siswa”. Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan komunikasi matematik siswa dan tidak adanya kesempatan bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan komunikasi matematiknya. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan teknik tes, dengan rumusan masalah: (1) Bagaimana gambaran kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan Segiempat (2) Bagaimana gambaran kemampuan komunikasi matematika siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Segiempat (3) Apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif dibandingkan dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Segiempat terhadap peningkatan kemampuan komunikasi  matematik siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan?   Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) gambaran kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada pokok bahasan Segiempat (2) gambaran kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada pokok bahasan Segiempat (3) perbedaan kemampuan komunikasi matematik antara siswa yang diajar dengan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dengan siswa yang diajar dengan model pembelajaran konvensional pada siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan pada pokok bahasan Segiempat.   Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan yang terdiri dari 3 kelas paralel dengan jumlah 68 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian dilakukan secara purposive. Penentuan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan secara random. Diperoleh kelas VIIIB sebagai kelas eksperimen dan Kelas VIIIC sebagai kelas kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan pemberian instrumen penelitian berupa lembar observasi dan  tes kemampuan komunikasi matematik berbentuk tes uraian. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif dan statistik inferensial.   Dari hasil analisis data dan pembahasan diperoleh kesimpulan, (1) Kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw pada materi Segiempat mempunyai tingkat penguasaan terhadap materi dengan kategori kurang, cukup, baik dan sangat baik (2) Kemampuan komunikasi matematik siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi Segiempat mempunyai penguasaan terhadap materi  dengan kategori sangat kurang, kurang, cukup, baik dan sangat baik (3) Kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw secara signifikan lebih baik daripada kemampuan komunikasi matematik siswa yang diajar dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi pokok Segiempat siswa kelas VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan.(4) Berdasarkan kriteria efektivitas yang telah ditetapkan dan perbedaan rata-rata kemampuan komunikasi matematik, pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw lebih efektif terhadap kemampuan komunikasi matematik siswa dibandingkan pembelajaran konvensional.       Kata kunci: Jigsaw, kemampuan komunikasi matematik  
Abstract

"The effectiveness of models of cooperative learning of the type of mathematical communication skills of students". This research is backed by the low ability of students ' mathematical communication and the absence of opportunities for students to develop their mathematical communication skills. This research is an experimental study with test techniques, with a formulation of problems: (1) How to view the mathematical communication skills of class VII students SMP Negeri 24 Konawe South which is taught with the model of cooperative learning of Jigsaw type in The subject of quadrilciary (2) How the mathematical communication skills of class VII students SMP Negeri 24 Konawe Selatan are taught with conventional learning models on the subject of the Quadrilciary (3) is the application of cooperative learning Jigsaw types are more effective than conventional learning models on the subject of the quadriles of the improvement of the mathematical communication skills of class VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan?This research aims to find out: (1) A description of the mathematical communication skills of class VII students of SMP Negeri 24 Konawe Selatan which is taught with the model of the cooperative learning of Jigsaw type on the subject of the Quadrilciary (2) Description of communication skills Mathematics of Class VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan taught with conventional learning models on the subject of quadrilous (3) Differences in mathematical communication skills among students taught with the model of the cooperative learning of the jigsaw type With students who are taught with conventional learning models in class VII students of the state Junior high School 24 Konawe south on the subject of quadrilces.The population in this study is all students of class VII SMP Negeri 24 Konawe South consisting of 3 classes parallel to the number of 68 people. Sampling techniques in research are purposive. The experiment class determination and the control class is done randomly. It acquired the VIIIB class as an experimental class and the VIIIC class as the control class. The data collection technique is done by providing research instruments in the form of observation sheets and mathematical communication skills tests in the form of test descriptions. Data analysis techniques use descriptive statistics and inferential statistics.From the results of data analysis and discussion concluded, (1) The mathematical communication skills of class VII students of SMP Negeri 24 Konawe South that are taught using the cooperative learning of the Jigsaw type in the quadrilciary material has a Mastery of the material in the category of less, adequate, good and very good (2) The mathematical communication skills of class VII SMP Negeri 24 Konawe Selatan being taught using conventional learning in the quadratic material has a To material with a very lacking, lacking, adequate, good and excellent category (3) The mathematical communication skills students taught using the Jigsaw type Cooperative learning are significantly better than communication skills Mathematical students who are taught using conventional learning on the subject matter of the Quadrilous class VII students SMP Negeri 24 Konawe Selatan. (4) based on the established criteria of effectiveness and the average difference in mathematical communication skills, the skill-type cooperative learning is more effective with the ability of mathematical communication of students than conventional learning. Keywords: Jigsaw, mathematical communication skills

Tahun Skripsi: 2016   Download pdf

15 Skripsi/Tesis/Disertasi Mahasiswa yang dimasukkan terakhir

  1. PENGENDALIAN PERSEDIAAN BAHAN BAKU  PADA UD. METE MUBAROQ LOMBE KOTA KENDARI oleh MIRNAWATI(Skripsi, 2019)
  2. PENGARUH DIMENSI KUALITAS LAYANAN TERHADAP KEPUTUSAN PENUMPANG MEMILIH KAPAL KM MANUSELA PERMAI RUTE BINONGKO – BAU-BAU oleh SAHRIL SABAN(Skripsi, 2019)
  3. Sejarah dan Nilai Kaghorono Bhansa dalam Tradisi karia di Desa Lakanaha Kecamatan Wadaga Kabupaten Muna Barat (2000-2018) oleh La Ode Sahran(Skripsi, 2019)
  4. THE EFFECT OF PWIM (PICTURE WORD INDUCTIVE MODEL) ON STUDENTS’ COMPETENCE IN WRITING NARRATIVE TEXT oleh KISTI SABRINA(Skripsi, 2019)
  5. IMPLEMENTASI STRATEGI PROMOSI KESEHATAN RUMAH SAKIT (PKRS) DI RUMAH SAKIT UMUM DAERAH BAHTERAMAS PROVINSI SULAWESI TENGGARA TAHUN 2018   oleh AGUSTINA(Skripsi, 2018)
  6. ANALISIS PENDAPATAN INDUSTRI MEUBEL DI KOTA KENDARI oleh LA ODE MUHAMMAD NUR KABHARIHA(Skripsi, 2018)
  7. STUDI PASANG SURUT DI PERAIRAN TELUK KENDARI MENGGUNAKAN MIDAS WAVE RECORDER oleh NUR MILA(Skripsi, 2016)
  8. Identifikasi Jenis Bambu (Bambusa sp.) di Kawasan Hutan Produksi di Kelurahan Tobimeita Kecamatan Abeli Kota Kendari oleh ENAWATI(Skripsi, 2016)
  9. EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW TERHADAP KEMAMPUAN KOMUNIKASI MATEMATIK SISWA KELAS VII SMP NEGERI 24 KONAWE SELATAN oleh Alan Setiawan(Skripsi, 2016)
  10. SIFAT FISIK DAN KIMIA SILASE JERAMI JAGUNG (Zea mays L) DENGAN PENAMBAHAN TEPUNG SAGU oleh ROSNIAH(Skripsi, 2018)
  11. <!-- [if gte mso 9]> <w:LsdException Locked="false" Priority="4 oleh NUR FITRI(Skripsi, 2019)
  12. ANALISIS KANDUNGAN ANTIOKSIDAN BAHAN TEH HIJAU PADA MANGROVE Rhizophora apiculata Bl. DAN Bruguiera gymnorrhiza (L.) Lamk. DARI TAMAN NASIONAL RAWA AOPA WATUMOHAI (TNRAW) oleh ANDI NUR HAMSY(Skripsi, 2017)
  13. ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KESULITAN BELAJAR KIMIA MATERI LARUTAN PENYANGGA YANG DIHADAPI SISWA KELAS XI MIA SMA NEGERI 1 ABUKI oleh NARMA(Skripsi, 2019)
  14. KELIMPAHAN NIMFA CAPUNG (ODONATA) PADA HABITAT PERSAWAHAN DESA WONUA KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN SULAWESI TENGGARA oleh ADITYA AMINUDDIN(Skripsi, 2017)
  15. PENGARUH JENIS AKSELERATOR TERHADAP BAHAN KERING,  BAHAN ORGANIK DAN PROTEIN KASAR PADA SILASE RUMPUT BEDE (Brachiaria decumbens) oleh KAMSINI(Skripsi, 2017)

 

Universitas Haluoleo
Gedung Rektorat Lt. 1
Kampus Hijau Bumi Tridharma
Anduonou Kendari, 93132
Telp: 0401-3190105
Fax: 0401-3194108
Email: info@uho.ac.id

 

 
Copyright © 2012 UPT. Pangkalan Data dan Teknologi Informasi
Universitas Haluoleo, Kendari
Indonesia 93231